Referensi Informasi Terlengkap Jasa Pengurusan SKTTK (Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan) di Puncak Jaya

Referensi Informasi Terlengkap Jasa Perijinan SKTTK (Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan) di Puncak Jaya – SKTTK merupakan singkatan dari Sertifikat Kompetensi Tenaga teknik Ketenagalistrikan yang adalah produk Kementrian ESDM. Kementrian Energi Sumber Daya Energi dan Mineral (KESDM) menunjuk dirjen ketenagalistrikan yang selanjutnya menunjuk LSK (Lembaga Sertifikasi Kompetensi) untuk melakukan tes kompetensi.

Sertifikasi kompetensi pun ialah salah satu proses yang ditepakan buat menjangkau keselamatan ketenagalistrikan. Buat merealisasikan keadaan intalasi tenaga listrik yang aman, handal dan ramah lingkungan. SKTTK (Standar Kompetensi Tenaga teknik Ketenagalistrikan) diatur oleh team perumus standard kompetensi yang telah memperoleh aklamasi dari kementrian ESDM.

SKTTK ialah hasil forum konsensus yang dapat digunakan jadi dasar peraturan oleh pemangku kebutuhan ketenagalistrikan. Dengan terdapatnya SKTTK ini diharapkan tenaga teknik dalam bidang ketenagalistrikan akan jadi tenaga ahli profesional yang berpengalaman.

Dari rangkaian uji kompetensi yang dilaksanakan tersebut selanjutnya diterbitkan SKTTK (Sertifikat Kompetensi Tenaga teknik Ketenagalistrikan).

Tentang Kami :

Pt. Atrahdis Idea Nusantara, Solusi Kebutahan Legalitas Usaha Anda. Setiap Kontraktor Akan Diminta SBU dan SIUJK  TuanTender.id Siap Membantu

Kami  siap membantu setiap perusahaan baik PT, CV, PMA, BUJKA, maupun KOPERASI mendapatkan Sertifikat Badan Usaha dan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi SBU & SIUJK dan Bantuan Pengurusan SBU SIUJK Jakarta.

Di tuantender.id, kami percaya bahwa ada cara yang praktis untuk mengurus izin dan legalitas. Lebih bernilai, cara dimana badan usaha mendapatkan sesuatu yang berharga dengan sedikit usaha. Kami sangat bersemangat tentang hal tersebut dan misi kami adalah membantu masyarakat mencapainya. Fokus kami ada pada izin dan legalitas karena itu adalah salah satu hal yang paling sulit dipahami dan paling memakan waktu. kami senang dapat menyederhanakan segala jenis pengurusan izin dan legalitas serta jasa pengurusan SBU & SIUJK Jakarta untuk semua masyarakat.

Segeralah konsultasi pembuatan SKTTK perusahaan Anda dengan kami, Isi Form klik tombol yang telah kami sediakan di bawah Ini dan langsung konsultasi dengan ahlinya dalam pengurusan SKTTK.

Hubungi Kami :

Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Puncak Jaya

Persyaratan SKTTK

Bagaimana Cara memperoleh SKTTK? Buat mendapat SKTTK ini ada 3 cara yang dapat dilalui oleh tenaga teknik kelistrikan yang membutuhkan. Berikut ini cara mendapat SKTTK yang dapat dilakukan:

1. Uji Baru

Uji baru dilaksanakan pada pemohon atau tenaga teknik ketenagalistrikan yang tidak pernah memiliki SKTTK sebelumnya. untuk melakukan uji baru pemohon mesti melalui beberapa tingkatan sebelum dapat melakukan tes kompetensi. Tingkatan pertama merupakan pendaftaran permintaan dan lengkapi syarat. Pemohon mesti isi form permohonan dan menyertakan beragam syarat yang diperlukan.

Syarat untuk permohonan seperti CV, photo latar belakang merah, Fc Ijazah terakhir, surat pengantar dari instansi tempat bekerja, pengalaman kerja. Selanjutnya pun sertifikat pelatihan yang terkait ujikom dan surat keterangan sehat. Sesudah itu dilengkapi maka pemohon bus melakukan tes sertifikasi dengan tingkatan tes assessment, tes tulis, interview dan pengamatan/ praktek. Setelah melalui itu semua baru lah dapat meraih serkom (SKTTK).

2. Uji Perpanjangan

Ke-2 yaitu uji perpanjangan yang ditujukan buat pemilik SKTTK yang masa berlakuknya hamper berakhir. Untuk pengajuan perpanjangan mesti dijalankan minimal tiga bulan sebelum masa berlaku habis dengan menyertakan syarat dan portofolio. Tahapnya hampir sama juga dengan pengajuan baru, cuma saja buat perpanjangan cuma dilakukan tes protofolio.

Lakukan registrasi dan pengisian form permohonan apabila ingin uji perpanjangan SKTTK. Syarat yang mesti dipenuhi dengan pemohon dengan syarat saat ajukan baru. Perbedaannya yaitu disertakan juga selain rekomendasi kerja juga photo hasil kerja yang dilakukan selama memegang SKTTK. setelah komplit maka pemohon akan dilakukan tes secara protofolio oleh asesor.

Jasa Pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) di Puncak Jaya

Referensi Informasi Terlengkap Jasa Pendaftaran SKTTK (Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan) di Puncak Jaya

Standar Kompetisi PersonalL Yang Harus dipenuhi

Sebagai tenaga teknik ketenagalistrikan mesti penuhi standar kompetensi personal (SKP) yang telah ditetepkan kementrian ESDM. Sudah ditetapkan oleh kementrian ESDM jadi stake holder pemakai tenaga teknik ketenagalistrikan apa kompetensi yang mesti tercukupi buat seluruh bidang. Berikut ini bidang-bidang kompetensi dalam teknik tenaga ketengalistrikan yang mesti disanggupi:

1. Bidang Distribusi Tenaga Listrik

Untuk memperhitungkan pasar bebas dalam bidang tenaga kerja dalam bisang distribusi maka diatur program sertifikasi kapabilitas buat profesional kelistrikan. Terutama dalam sub bidang perawatan bidang distribusi tenaga listrik ada daftar ompetensi yang mesti diraih sebelum tenaga terdidik masuk ke dunia profesional.

Ini adalah langkah awalnya buat melakukan sertifikasi kompetensi adalah dengan menyediakan kompetensi yang berkaitan dengan dunia kerja nanti. Dengan begitu banyak profesional dapat bekerja dengan aman tepat dengan kompetensi yang dimilikinya. Untuk itulah kompetensi khusus buat profesi pemeliharaan distribusi tenaga listrik diatur.

Untuk bidang distribusi pemeliharaan, minimal ada 37 kompetensi yang mesti terkuasai oleh profesional di bidang ini. tetapi tentunya kepenguasaan kompetensi mesti pas dengan tingkatan kualifikasi yang diperlukan. Kementrian ESDM membuat ada 9 tingkatan kualifikasi dalam ketenagalistrikan. Dimulai dari pelaksana muda, pelaksana madya, pelaksana khusus, teknisi (analis muda), Teknisi (analis madya), Teknisi (analis utama), ahli muda, ahli madya, ahli khusus.

Dengan lihat tingkatan kualifikasi di atas maka diatur kapabilitas yang tepat untuk penuhi kualifikasi itu. Ada level-level pada standard kompetensi yang dibuat oleh kementrian ESDM. Kompetensi setiap tingkatan kualifikasi nanti diuraikan lagi sebagai daftar unit kompetensi yang mesti terkuasai oleh profesional dalam tingkatan itu.

Dengan standard kompetensi sebenarnya seorang tenaga dalam bidang distribusi tenaga listrik akan mengetahui secara jelas tingkatan kariernya. Pasti saja karena saat melakukan tes kompetensi akan dikerjakan sesuai dengan tingkatan kualifikasi yang dimilikinya, nah sertifikat yang keluar kelak akan memberikan hal tersebut. Setiap tingkatan kualifikasi kepada profesional bidang distribusi tenaga kelistrikan akan punya kedudukan yang berbeda sesuai keahlian dan kompetensinya.

Buat konteks penilaian kompetensinya ialah unit kompetensi yang berkaitan dengan sikap kerja yang aman dan tepat. Hal ini akan diujikan dengan simulasi seperti pada tempat kerja sesuai dengan kondisi umumnya. juga dipandang kompetensi yang berkaitan dengan ilmu, ini cuma secara tercatat atau lisan dan observasi lapangan.

2. Bidang Instalasi pemanfaatan Tenaga Listrik

Bidang kerja selanjutnya ialah tenaga kelistrikan bidang instalansi penggunaan tenaga listrik yang juga punya kapabilitas tertentu yang mesti tercukupi. Minimal ada 12 unit kompetensi yang mesti dipenuhi dengan profesional yang punya bidang kerja instalansi penggunaan tenaga listrik. Berikut 12 unit kompetensi yang mesti tercukupi:

Pembangunan dan pemasangan isntalasi listrik perumahan dan industri kecil, pembangunan dan pemasangan instalasi listrik industri dan komersil. Memelihara instalasi listrik perumahan dan industri kecil, memelihara intalasi industri dan komersil. Memelihara intalasi listrik industri dengan otomatis dan intalasi khusus. Kompetensi dalam pemeriksaan dan pengetesan instlasi perumahan dan industri kecil, pengecekan dan pengetesan instalasi lustrik industri dan komersil.

juga kompentensi dalam pemeriksaan dan pengetesan instalasi dengan otomasi dan instalasi khusus. Tenaga listrik mesti sanggup menjalankan intalasi listrik perumahan dan industri kecil. juga menjalankan instalasi listrik industri dan komersil. Yang terakhir unit kompetensi mengoperasikan instalasi listrik dengan otomasi dan intalasi khusus.

Tenaga teknik ketenagalistrikan bidang instalasi pemakaian tenaga listrik sebenarnya mesti menguasai seluruh kompetensi di atas. Maksudnya tentunya saja merupakan penuhi intaslasi listrik yang pas standar nasional indonesi yangsudah ditetapkan. Dengan tenaga yang berpengalaman maka instalasi listrik yang dihasilkan pun akan betul dan sesuai.

Hasilnya ialah instalasi listrik yang aman dan nyaman untuk seluruh yang memerlukannya. Dengan instalasi yang benar dan tepat maka tenaga listrik dapat dimanfaatkan secara baik.

3. Bidang Pembangkit Tenaga Listrik

Buat tenaga teknik ketenagalistrikan khususnya bidang pembangkit tenaga listrik punya standard kompetensi di setaip sub bidang. Apabila dilihat ada 4 sub bidang didalamnya yang semua mempunyai kompetensi yang berbeda tergantung bidang kerjanya. Berikut ini pembahasan kompetensi untuk sub bidang pembangkit tenaga listrik:

1. Sub bidang Operasi

Buat sub bidang operasi dipisah jadi 3 tingkat kompetensi berdasar tingkatan kualifikasinya. Untuk tiap-tiap tingkat punya jumlah kompetensi yang lain yang harus terkuasai oleh tenaga pakar profesinal dalam bidang ini. Tingkat 1 misalkan mesti menguasai 47 kompetensi, tingkat 2 mesti menguasai 52 kompetensi dan tingkat 3 mesti menguasai 45 kompetensi.

2. Sub bidang Pemeliharaan

Untuk sub bidang pemeliharaan pun dipisah jadi 3 tingkat kompetensi berdasar tingkatan kualifikasinya. Untuk tiap-tiap tingkat punya jumlah kompetensi yang berbeda yang mesti terkuasai oleh tenaga ahli profesinal dalam bidang ini. Tingkat 1 misalkan mesti menguasai 33 kompetensi, tingkat 2 mesti menguasai 12 kompetensi dan tingkat 3 mesti menguasai 7 kompetensi.

3. Sub bidang Konstruksi

Buat sub bidang konstruksi pun dipisah menjadi 3 tingkat kompetensi berdasar tingkatan kualifikasinya. Buat tiap-tiap tingkat punya jumlah kompetensi yang lain yang harus terkuasai oleh tenaga ahli profesinal dalam bidang ini. Tingkat 1 misalkan mesti menguasai 39 kompetensi, tingkat 2 mesti menguasai 42 kompetensi dan tingkat 3 mesti menguasai 12 kompetensi.

4. Sub bidang Inspeksi

Buat sub bidang Peninjauan pun dipisah jadi 3 tingkat kapabilitas berdasar tingkatan kualifikasinya. Untuk tiap-tiap tingkat punya jumlah kapabilitas yang lain yang harus terkuasai oleh tenaga pakar profesinal dalam bidang ini. Tingkat 1 misalkan mesti menguasai 51 kompetensi, tingkat 2 mesti menguasai 32 kompetensi dan tingkat 3 mesti menguasai 7 kompetensi.

Itulah kompetensi pada tiap-tiap bidang pembangkit tenaga listrik yang punya 4 sub bidang didalamnya. Masing-masing bidang pasti punya kompetensi yang berbeda, disebabkan mesti melakukan perkerjaan yang berbeda juga. Dengan lihat banyaknya kompetensi yang harsu tercukupi maka pemohon mesti menyiapkannya secara baik.

4. Bidang Transmisi Tenaga Listrik

Kompetensi ini diatur berdasatkan ketentuan Menteri ESDM nomor 45 tahun 2016 tentang penentuan standard kompetensi ketenagalistrikan. Buat bidang transmisi tenaga listrik ini berkaitan dengan tenaga teknik yang bekerja di bidang transmisi. Dalam bidang transmisi ini dipisah lagi jadi 2 sub bidang layaknya di bawah ini:

1. Pengoperasian

Buat sub bidang pengoperasian transmisi tenaga listrik punya tingkatan kualifikasi tingkat 3 dan 4 saja. Masing-masing level tingkatan itu cuma perlu menguasaai 2 kompetesi saja. Maka keseluruhan ada 4 kompetensi yang mesti disanggupi ialah terkait dispatching control center, rencana operasi pendistribusian dan rencana opersi pembangkitan.

2. Pemeliharaan

Buat sub bidang pemeliharaan transmisi tenaga listrik mempunyai 3 tingkat kualifikasi tingkatan. buat tiap-tiap tingkat punya kompetensi yang mesti terkuasai. Tingkat 1harus menguasai 90 kompetensi, tingkat 2 mesti menguasai 110 kompetensi dan tingkat 3 mesti menguasai 18 kompetensi. Bila telah menguasai seluruh kompetensi dalam tiap-tiap tingkat maka berhak untuk mendapat sertifikat kompetensi.

Demikian bidang-bidang kompetensi yang mesti terpenuhi oleh tenaga dalam bidang ketenagalistrikan dan mesti ditunjukkan dengan serkom. Seorang profesional dalam bidang tenaga ketenegalistrikan mesti punya sertifikat kompetensi apabila mau dianggap. Sebetulnya begitu penting untuk mempunyai sertifikat standar kompetensi tenaga teknik ketenagalistrikan yang dikeluarkan oleh instansi yang dipilih kementrian ESDM.

Referensi Informasi Terlengkap Jasa Pembuatan SKTTK (Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan) di Puncak Jaya

Segeralah konsultasi pembuatan SKTTK perusahaan Anda dengan kami, Isi Form klik tombol yang telah kami sediakan di bawah Ini dan langsung konsultasi dengan ahlinya dalam pengurusan SKTTK.

Hubungi Kami :

Referensi Informasi Terlengkap Jasa Pengurusan SKTTK (Sertifikat Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan) di Puncak Jaya
Kembali ke Atas